Jumat, 09 Februari 2018

Bagaimana Cara Mengurangi Risiko

Sebelum dapat menentukan suatu posisi akan dibuka/ditutup, perlu untuk mengetahu terlebih dahulu apakah saat ini market UPTREND, DOWNTREND atau SIDEWAYS (RANGE). Setelah itu diketahui maka baru dapat ditentukan posisi BUY/SELL yang mau diambil dan dimanakah level SUPPORT dan RESISTANCE.

Beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat harga bergerak berlawanan dengan posisi yang dimiliki:
  • Cut Loss
Yang dimaksud adalah menutup posisi yang ada pada harga saat ini dan merealisasikan kerugian yang dialami. Pada platform MT5, double click pada order yang mengalami kerugian dan klik bar kuning seperti dibawah. Setelah posisi ditutup maka kita dapat menganalisa kembali arah pergerakan.

  • Cut & Reverse
Hampir sama dengan diatas, namun untuk cut & reverse kita akan menutup posisi yang mengalami kerugian dan kemudian akan membuka posisi baru yang merupakan kebalikan posisi pertama. 

Contoh:
  • Posisi awal BUY 1619.20 
  • Harga ternyata bergerak turun dan diperkirakan akan terus turun. Diputuskan untuk melakukan cut & reverse. 
  • Cut loss order seperti contoh nomor 1 diatas 
  • Setelah posisi ditutup, double click pada market watch dan klik SELL untuk reverse posisi


  • Posisi saat ini sudah berganti dari semula BUY 1619.20 menjadi SELL 1618.45


Perlu diketahui karena proses cut & reverse dilakukan secara manual satu persatu, maka harga yang didapat antara harga untuk cut loss dan harga reversal mungkin ada perbedaan. Platform tidak memungkinkan untuk dapat melakukan cut & reverse dengan 1 klik.

  • Averaging
Ada 2 macam averaging:
  1. Averaging profit 
Misal saat ini ada open order BUY 1619.20. Apabila harga naik dan posisi awal memiliki keuntungan, dapat dilakukan average profit dengan BUY lagi, misal di setiap kenaikan 800 pips. Contoh Buy 1619.20, 1627.20, 1635.20 dan seterusnya. Semua posisi akan ditutup pada saat harga mulai bergerak berlawanan dengan posisi. Cara ini cocok untuk market yang sedang trending (1 arah).

     2. Averaging loss
Misal saat ini ada open order BUY 1619.20. Apabila harga bergerak berlawanan (turun) maka akan dilakukan BUY kembali di harga yang lebih rendah dengan harapan untuk menurunkan harga rata-rata dari order yang dimiliki, sehingga pada saat harga kembali naik maka posisi dapat memperoleh keuntungan lebih cepat. Cara ini lebih cocok pada saat market sedang range-trading atau bergerak dalam 1 range tertentu. Apabila market sedang trending dan cara ini diterapkan maka resiko yang dihadapi sangatlah besar karena posisi yang dimiliki dibandingkan dengan modal disetor akan tidak sehat.
Contoh:
=> Buy @1619.20 1 lot
=> harga turun ke 1600, dilakukan BUY @1600 1 lot
=> harga kembali turun 1580 dilakukan BUY @1580 1 lot
=> total order yang ada saat ini adalah 3 lot dengan harga rata-rata adalah
(1619.20+1600+1580)/3 => 1599.73
=>apabila harga kemudian segera naik misal ke 1605 maka semua posisi dapat ditutup
=>tetapi apabila harga kembali turun maka kerugian yang diderita akan semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar